Anyway, sebenernya gw gak ada masalah dengan diteleponin begitu, toh itu kan mereka cari uang, emang udah pekerjaannya
Udah nyerocos panjang lebar, jadi intinya apa? Oke, 2 mingguan ini gw beberapa kali dapet telepon dari sales yang nawarin gw kartu kredit diskon (entah maksudnya apaan) beserta hadian voucher hotel atau HP sebagai bonus tambahan dari kartu kredit yang gw udah punya. Yang nelepon gw ngakunya dari Bank BeNI sama Bank Mandisendiri (nama disamarkan). Yang 1 sih berakhir dengan percakapan normal, cuma yang 1nya lagi agak ngeselin, jadi seperti yang sudah-sudah, gw mengeluarkan jurus andalan: Aji Pengawuran, yang selama ini cukup ampuh untuk mengakhiri pembicaraan dan penawaran si sales itu kalo cara normal gak mempan buat menyelesaikan masalah. Daripada gw tutup teleponnya tiba-tiba kan gak sopan. Mau diladenin terus, gak akan kelar teleponnya. Terpaksa keluarin jurus maut. Kayak apa tuh? Hmm, susah dijelasin, tapi contohnya kira-kira begini deh:
Suatu siang nan indah, gw lagi di kantor dan kebetulan lagi ada kerjaan, tiba-tiba gw ditelepon.
S: Sales
D: Debby
S: Halo, selamat siang, betul dengan Ibu Debby?
D: Iya betul, ini siapa ya?
S: Ini (nyebutin namanya dia, tapi gw lupa) dari Mastercard... *blablabla* (gw lupa), saya mau konfirmasi aja, betul Ibu dapat kartu kredit *blablabla*, jadi saya dapat rekomendasi nama Ibu dari bank nih, dan Ibu terpilih untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit diskon... *blablabla* ada bonus berupa voucher menginap di hotel bintang 5 yang dapat digunakan kapan saya... *blablabla* fasilitas ini gratis, Bu, tanpa iuran... *blablabla* ...apakah sudah jelas?
D: ...........Iya. Jadi intinya saya dikasih ini tanpa harus bayar apa-apa kan?
S: Betul Ibu, ini bebas iuran tahunan kok. Jadi apakah Ibu berminat? Karena... *blablabla* (dia lanjut nyerocos) ...jadi ibu tinggal bayar 2,9 juta di tahun pertama...
D: Tunggu tunggu tunggu!!! Tadi katanya saya gak usah bayar, Mas? Kok sekarang malah disuruh bayar 2,9 juta??
S: *sambil nyerocos terus gak berhenti-berhenti* ...Pembayaran bisa dicicil 12x, jadi sebulannya hanya 200rb-an saja.
D: ..................................... (gw udah males, lagi mikir cari strategi penolakan yang ampuh)
S: Halo, Ibu? Bagaimana jadinya, Bu?
D: Umm... saya belum berminat deh ya, Mas. habisnya pake bayar begitu. Mahal. Lagian kalo saya 2,9 juta dapet voucher hotel, sama aja saya beli dong jadinya?
S: Oh tidak Ibu. Ini kan fasilitas... *blablablablabla* (nyerocosnya makin panjang)
D: Mas, Mas, sori saya potong ya. Saya belum mau nih terima fasilitas kartu itu, nanti kalo saya minat, saya hubungi Mas lagi aja ya. Makasih.
S: Tidak bisa, Bu, ini hanya ditawarkan 1x dan kebetulan Ibu terpilih *blablabla*
D: Ya udah Mas, saya tetap gak mau. Saya keberatan bayar segitu. Intinya saya belum perlu, coba mungkin sebaiknya dikasihkan ke orang yang lagi perlu, oke? Saya lagi kerja nih lagian. Udah ya, makasih.
S: (malah maksa) Tapi kan bisa dicicil, Bu... sebulan cuma 200rb-an kan ringan sekali Bu. Bagaimana? Pembayarannya bisa diangsur 12x *blablablablazbla* (dia ngulangin kata-kata dia sebelumnya, gak pake ambil napas, gak pake titik koma)
D: Iya saya tau, saya tetep keberatan Mas bayar 200rb-an, kalo 2 rebu saya mau deh. Lagian saya emang belum butuh kok.
S: Eh? Gimana Bu? 2 ribu? (dia entah shock entah bingung gak percaya)
D: Iya Mas, kalo sebulan 2 ribu perak baru saya mau. Kalo 200rb mah kemahalan.
S: Ya ampun Ibu, 2rb mah buat parkir aja ya... parkiran aja sekarang udah 4rb (diladenin sama dia, ahaha...), angsurannya ringan kok Bu, hanya 200rb...
D: Ah kata siapa? Di deket tempat saya masih ada kok parkiran 2rb (dengan nada setengah ngotot)
S: Oh, gitu ya Bu. Baiklah kalo begitu Bu, terima kasih untuk waktunya.
Dan diapun nutup teleponnya. Hihihihi... :P
Maaf loh ya Mas dan Mbak yang suka saya isengin begitu, abisnya keadaan memaksa dan gak ada cara lain. Saya cuma mau bilang, dear para sales telemarketing, kalo nawarin apa-apa ke calon pelanggan dan si calon pelanggannya gak tertarik, ya udah relain aja. Mungkin memang belom rezeki Anda. Berusaha emang gak salah, tapi kalo udah sampe ke taraf maksa, itu bener-bener ngeselin. Okeh? Peace! xD
Kalo u langsung tutup emang ga sopan sih deb, tapi kalo u ladenin terus dia kena darah tinggi gimana? ntar malah u yg jadi dosa.
ReplyDeleteLaen kali mending u bilang gini aja "maaf pak/bu, saya lagi terlilit hutang dan dikejar2 debt collector". Pasti si telemarketer yg inisiatif nutup telponnya. *Next time please try~
Hahahaha... gila! Nanti g dilaporin ke bank-nya sama dia, dikira terlilit utang beneran. Ogaaahhh..
Delete